Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mencanangkan Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dalam peringatan keswadayaan masyarakat yang pertama. Lima aksi tersebut memiliki keterkaitan yang erat dengan budaya desa maupun kebijakan pembangunan yang mengarah pada kemandirian desa.


"Yang jelas semua pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan mazhab pembangunan pada level desa dengan pendekatan mikro," kata menteri yang akrab disapa Gus Halim pada Peringatan Hari Keswadayaan Masyarakat dengan tema Keswadayaan Masyarakat untuk Kemandirian Desa di Oproom Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (29/8/2023).


Menurut Gus Halim, hal ini menjadi sangat efektif dan bisa dilakukan siapa pun pemimpin negeri ini.


"Dengan demikian proses pembangunan yang dicanangkan Presiden Jokowi membangun dari pinggiran akan berjalan sampai kapan pun," ujarnya.


Gus Halim menjelaskan bahwa lima poin yang telah dicanangkan itu harus dijalankan dan tidak boleh sedikit pun diabaikan. Sebab peran PSM merupakan sebagai penghubung antar-kelas baik dari level bawah maupun level atas yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM.


Hari Keswadayaan Masyarakat diperingati setiap tanggal 27 Agustus. Rencananya peringatan pertama ini akan dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya dengan rangkaian acara yang bisa membangkitkan semangat para PSM.